Sesuai dengan judul, udah pada tau belum Google Bisnisku? Jadi Google baru-baru ini mengeluarkan salah satu layanan yang tentunya selalu bermanfaat bagi kita. Google bisnis adalah alat bagi kita pelaku bisnis untuk menyampaikan kehadiran kita pada dunia online tentunya. Apa saja yang bisa kita sampaikan kepada calon pelanggan kita atau kepada calon tamu kita lebih tepatnya? Sebelum kita bahas manfaat dari Google Bisnisku ini, berikut saya tampilkan contoh dari Google Bisnisku.
Jika kita mencari nama hotel melalui kolom pencarian Google, maka munculah informasi mengenai bisnis hotel tersebut, hampir dari setengah full page halaman pertama pencarian Google menyajikan informasi mengenai hotel yang kita cari. Bayangkan di halaman pertama mesin pencarian google, kita sudah bisa menyampaikan informasi yang ingin kita sampaikan kepada calon tamu kita.
Nah, udah kebayang kan, bagaimana tampilan dari Google Bisnisku ini. Sekarang, mari kita bicara mengenai fitur-fitur dari Google Bisnisku ini , jika kita perhatikan satu-persatu informasi yang ditampilkan kita bisa melihat info paling atas adalah foto. Dengan foto kita bisa memperlihatkan gambar yang ingin kita sampaikan, mulai dari sampul, logo hotel, foto profil hotel, sampai interior detail hotel juga bisa kita upload dengan mudah. Kemudian yang tidak kalah penting adalah fitur maps dan street view, dengan meningkatnya penggunaan mobile phone tentu ditampilakannya maps dan street view akan semakin memudahkan para calon tamu untuk menemukan lokasi hotel kita. Alamat hotel, no telp hotel, alamat website dan fasilitas hotel merupakan informasi yang tidak kalah pentingnya untuk kita sampaikan kepada calon tamu.
Fitur menarik lainnya adalah pemesanan online dapat langsung dilakukan di Google bisnisku ini, wah sepertinya google sudah menjadi meta-search untuk bisnis hotel. Tamu dapat langsung menentukan tanggal dan melihat harga yang ditawarkan. Lagi-lagi OTA yang melakukan start awal untuk memanfaatkan fitur ini, lalu bisakah hotel bersaing dengan menampilkan penawaran langsung pada Google Bisnisku? Jawabannya adalah bisa, baru-baru ini Google kembali menawarkan layanan khusus untuk hotel, "Google Hotel Ads." Dari namanya saja, Google sudah mulai serius masuk kedalam industri perhotelan.
Untuk fitur ini, saya tidak bisa memberikan informasi yang cukup, karena jujur saya pun belum mencobanya, temen-temen bisa langsung mengunjungi Google Hotel Ads.
Last but not least adalah fitur ulasan, wah ngeri nih yang ini, kali ini Google benar-benar menjadi meta-search untuk hotel :D. Kita bisa berinterkasi langsung dengan tamu, dengan membalas ulasan-ulasan yang tamu tulis langsung pada Google Bisnisku ini. Tanpa harus masuk situs-situs meta-search, tamu sudah bisa menyampaikan ulasannya, syupeeeer sekali ini :D
Itulah beberapa fitur yang ada pada Google Bisnisku, jelas manfaatnya informasi yang ingin kita sampaikan bisa lebih cepat dan akurat kepada calon tamu kita. Lalu apa pengaruhnya untuk pencarian hotel kita pada mesin pencarian Google, sedangkan Google Bisnisku ini akan muncul apabila kita memasukan kata kunci nama hotel kita sendiri? Jelas ini akan berpengaruh jika kita hubungkan dengan artikel saya mengenai Jadikan OTAs Sebagai Billboard Effect dan AdWords Express.
Dengan kehadiran Google Bisnisku ini, saya pribadi merasa diuntungkan sebagai hotelier, lagi-lagi Google memberikan layanan yang sangat bermanfaat dan tentunya free alias gratis. Sebagai informasi tambahan Google Bisnisku ini sangat mudah di klaim oleh siapapun, jadi sebelum orang lain meng-klaim hotel kita dan nanti urusannya bakal panjang :D Buruan deh klaim dan verifikasi hotel kamu dengan mengunjungi Google Bisnisku.
Update:
Wah ga kerasa setelah di posting 2 tahun yang lalu, dan sekarang sudah di penghujung tahun 2018, tapi masih belum ada yang comment, hehe. Tidak apa, saya akan menambahkan update dari fitur-fitur yang ada dari Google My Business ini.
1. Fitur messages atau pesan
Fitur ini masih dalam tahap pengembangan, sehingga tidak semua merchant atau hotel bisa menikmati fitur ini, juga tidak semua negara atau daerah sudah tersedia fitur ini.
Dalam fitur ini, kamu bisa berinteraksi langsung dengan pelanggan yang datang melalui google my business ini, tampilan yang dilihat oleh pelanggan seperti gambar dibawah ini:
Saat ini fitur pesan hanya bisa dilihat untuk pelanggan yang mengakses atau melakukan pencarian melalui mobile phone atau source-nya mobile, mungkin kedepannya fitur ini juga bisa digunakan untuk pelanggan yang melakukan pencarian melalui desktop
2. Fitur post
Di fitur ini kamu bisa posting special event, deal, atau produk yang ingin kamu tawarkan layaknya di social media. Menariknya lagi post ini juga memiliki fitur CTA (Click to Action), jadi bisa digunakan untuk hard selling juga, mantap kan!?
Bukan Google namanya kalau ga punya report data yang jelas. Betul, kita bisa lihat post insight berupa summary total viewer juga total klik jika dipasang CTA button-nya. Data yang disajikan adalah 7 dan 28 hari kebelakang. Kita juga bisa melihat individual post insight untuk membandingkan posting yang sudah kita buat, namun data yang diambil adalah selama post ini tayang di GMB, jika post dihapus maka data tersebut akan hilang dan mungkin data yang disajikan bisa terlambat sampai 3 hari.
Oke deh, segitu dulu aja update-nya ya, see you around hoteliers.
Pencarian: Google Bisnisku, cara menggunakan google bisnisku, google bisnisku untuk hotel, E-commerce, Strategi E-commerce, E-commerce Startegy, Hotel Online Marketing,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar