Selasa, 16 Februari 2016

Halo Hotelier, meski belum banyak pembaca atau memang belum ada pembaca sama sekali karena penulis sadar SEO blog ini memang payah sekali :), tidak ada salahnya penulis menyapa calon pembaca, optimis!!

Penulis sekedar ingin sharing, mengenai maraknya penghargaan-penghargaan yang diberikan oleh agen travel online. Bagaimana kita harus menyikapinya? Apakah kita patut berbangga karena itu merupakan sebuah prestasi, atau biasa saja? Karena itu bukan merupakan prestasi.

Banyak yang pro kontra juga mengenai hal ini. Untuk yang kontra, mereka menganggap bahwa produksi yang tinggi pada suatu OTA menunjukan bahwa website mereka tidak bekerja lebih baik dibandingkan OTA. Mungkin ini tidak berlaku bagi hotel yang memiliki produksi yang tinggi melalui website hotel itu sendiri dan mendapatkan pasar yang bagus juga pada OTA, namun pada kenyataannya lebih banyak hotel yang mendapatkan pasar jauh lebih tinggi dari OTA dibandingkan dengan websitenya sendiri.

Sebagai hotelier, penulis bukan pesimis dengan keadaan saat ini, mau produksi hotel anda seperti OTA? jawabannya sangat mudah sekali TIRU! Namun, untuk meniru OTA itu adalah hal yang mudah? Untuk hotel yang belum bisa "meniru" OTA, mendapatkan penghargaan dari OTA itu adalah hal yang baik untuk Hotel. Penulis mencoba menyampaikan perspektif dari sisi yang  pro. Penghargaan dari OTA itu membuktikan bahwa anda betul-betul bekerja keras, itu berarti hotel sangat mengerti bagaimana mekanisme mendapatkan pasar melalui OTA, bagaimana bekerjasama dengan OTA agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Pada sisi lain penghargaan tidak sekedar dari sisi produksi saja, akan tetapi review dari para tamu juga dipertimbangkan. Pada sisi ini penulis yakin tidak ada yang kontra, jadi penulis kesampingkan ini (hanya untuk tambahan informasi, mohon maaf ya ;)

So, from any perspective you think, keep cheers up hotelier!

0 komentar :

Posting Komentar